LEGO Brick Architecture
Friday, 13 August 2010
Acara Tahunan LEGO kali ini mengambil tema BRICK ARCHITECTURE: Jakarta of the future, yang diadakan di Grand Indonesia, East Mall, dari 13 Agustus-19 September 2010. Dalam acara ini, pesertanya adalah para mahasiswa/i dari 2 (dua) kampus di Jakarta, yaitu Universitas Multimedia Nusantara (UMN) dan Universitas Indraprasta (UNINDRA). Para mahasiswa/i ini sebagian besar berasal dari jurusan Desain Komunikasi Visual, walaupun ada juga yang berasal dari jurusan lain. Peserta tergabung dalam kelompok beranggotakan 3 (tiga) orang setiap kelompoknya.
 
BRICK ARCHITECTURE
Tema BRICK ARCHITECTURE: Jakarta of the future ini merupakan sebuah tantangan bagi para peserta karena mereka harus membayangkan seperti apa keadaan Jakarta di masa depan. Apakah Jakarta yang kita kenal selama ini akan berbeda kondisinya, seperti apa perubahan yang terjadi, bentuknya bagaimana, semua itu dirangkum dalam karya yang menakjubkan. Konsep dari tiap kelompok menunjukkan bahwa para peserta tidak sembarangan dalam membuat bangunan dari bahan bricks LEGO.
 
Setiap kelompok mendapatkan bahan berupa bricks LEGO berwarna putih dan transparan bening. Ya, untuk acara kali ini, memang unsur warna putih lebih dominan, dengan tujuan agar karya terlihat bersih dan terasa gaya arsitekturalnya. Setiap karya menghabiskan sekitar 10,000 bricks putih, jadi dengan adanya sekitar 14 karya yang dipamerkan berarti materi bricks LEBO putih berjumlah sekitar 140,000 bricks. Suatu jumlah yang tidak sedikit.Bahan-bahan LEGO ini 100% dari PT.ALJ Indonesia, distributir resmi LEGO di Indonesia. Jadi, para mahasiswa/i sama sekali tidak mengeluarkan biaya untuk membeli bricks LEGO. Para mahasiswa/i hanya mengeluarkan waktu, tenaga dan ide mereka dalam mengikuti acara ini.
 
Bentuk bangunan yang dibuat para mahasiswa/i terkesan futuristik dan kreatif. Ada yang membangun Kota Jakarta yang baru di ketinggian di angkasa, karena diperkirakan Kota Jakarta yang lama sudah terendam oleh banjir. Ada juga yang mempunyai ide bahwa penduduk Kota Jakarta akhirnya menghuni bangunan berbentuk perahu, karena konsepnya adalah kota terapung. Atau konsep Kota Jakarta yang sudah menjadi bangunan yang tinggi besar, karena lahan tanah makin sulit didapat. Konsep yang ada sekaligus mengingatkan kita semua untuk lebih mencintai dan menjaga lestarinya lingkungan Kota Jakarta ini. Jadi, semuanya mengingatkan kita agar tertib dalam membuang sampah sembarangan dan mengusahakan agar polusi tidak meningkat.
 
Proses pengerjaan berlangsung sekitar 2 (dua) bulan, yang dimulai sejak bulan Juni 2010. Dalam pengerjaannya, para peserta juga mendapat dukungan dari kampus masing-masing dan tim dosen yang juga memberikan sumbang saran, terutama mengenai unsur konstruksi dan konsep yang mau diwujudkan.
 
Dari 14 karya ini (9 karya mahasiswa/i UNINDRA, 5 karya mahasiswa/i UMN) akan dipilih masing-masing 1(satu) karya dari tiap universitas. Hadiah bagi para pemenang berupa studi tour selama 3 hari 2 malam ke Jogjakarta, yang diharapkan bermanfaat bagi penambahan wawasan dan pengetahuan.
 
 
KOTA TUA BATAVIA
Selain karya para mahasiswa/i dari UMN dan UNINDRA, juga dipamerkan karya dari AFOL (Adult Fans Of LEGO), yang membangun beberapa miniatur bangunan Kota Tua Batavia. Seperti Museum Pos Indonesia (karya Dickson Susanto), Museum Fatahillah (karya Iman Sudjudi), Museum Seni Rupa dan Keramik (karya Rio Cahyadi), Museum Bank Indonesia (karya Vincent Tandera). Tidak ketinggalan Cafe Batavia dan Stasiun Kota (karya G. Aditya Tedjasendjaja).
 
Para AFOL ini merupakan pecinta LEGO sejati, karena dalam kesibukan pekerjaan kantor sehari-hari, masih bisa meluangkan waktu untuk membuat bangunan unik yang diharapkan bisa menambah wawasan dan pengetahuan bagi pecinta LEGO.
 
Karya Kota Tua Batavia dari AFOL mengingatkan bahwa banyak hal bisa dipelajari dari sejarah Kota Jakarta. Ada banyak museum yang bisa kunjungi di Kota Tua Batavia, yang masing-masing punya nilai sejarah yang bisa menambah pengetahuan kita tentang Kota Jakarta. Miniatur LEGO yang dibangun ini mirip dengan aslinya. Juga ada asesori miniatur kendaraan umum di Jakarta, seperti bajaj, becak, bemo, mikrolet. Bis TransJakarta dan halte-nya juga ada, lengkap dengan suasana jalanan Kota Jakarta yang padat.
 
 
G. Aditya Tedjasendjaja
(Dosen UNINDRA, UMN dan AFOL)

 
Member Id :
Password :
   

Forgot password? Click Here!

Or sign up as a BricksIndonesia
member to receive the latest
updates and news on LEGO
events and activities
in Indonesia


LEGO Building Competition at SMART EDUFAIR 2014, Surabaya
LEGO Building Competition at Destination Europe
NOW OPEN! LEGO Shop at Grand City Surabaya
LEGO Battle Of The Toys
LEGO Selfie Contest at Grand City Mall Surabaya
LEGO Funfest 15 June - 13 July 2014 @ Atrium f1 - fX Sudirman
LEGOLAND Malaysia Event
Create Your Own LEGO Mixels Mini Character!
Dunia Bricks 15 - 16 March 2014 @ Kartika Expo - Balai Kartini, Jakarta
LEGO The LEGO Movie Event


For more information on BricksIndonesia or comments, please contact us at info@bricksindonesia.com or www.AljGroup.net | Terms & Conditions
  Subscribe this feed
LEGO is a trademark of the LEGO Group, which does not sponsor, authorize or endorse this web site.
 
This website is powered by : www.incubesolutions.com
Welcome to BricksIndonesia - The Online Community and Newsletter for the latest updates of LEGO events and activities in Indonesia